METODE PENGAJARAN AUDIOVISUAL (视听法) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN.

  • Hareza Wulansari Universitas Darma Persada , Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
  • Febi Nur Biduri Universitas Darma Persada Indonesia
Keywords: anak usia 4-6 tahun, bahasa Mandarin, metode pengajaran, metode audiovisual (视听法).

Abstract

Belajar bahasa asing pada usia dini bisa dimulai saat anak sudah mulai interaktif dan komunikatif dengan orang lain. Di usia 4-6 tahun, anak membutuhkan konsentrasi yang penuh untuk dapat menerima pelajaran dan informasi. Maka dibutuhkan metode pengajaran serta teknik dan cara mengajar yang mudah dipahami oleh anak-anak. Skripsi ini mengenai penggunaan metode pengajaran audiovisual (视听法) dalam pembelajaran Bahasa Mandarin untuk anak usia 4-6 tahun di ECC (Early Childhood Centre) preschool. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pengajaran audiovisual (视听法) dalam pengajaran Bahasa Mandarin untuk anak usia 4-6 tahun . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif . Data penelitian berupa  data yang diperoleh dari wawancara dan angket. Subjek penelitian adalah guru kelas ECC (Early Childhood Centre) preschool. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode pengajaran audiovisual sesuai dengan anak usia 4-6 tahun dilihat dari hasil angket dan wawancara. Karena metode ini menyenangkan dan mudah dipahami untuk anak usia tersebut.

 

 

 

Published
2022-06-14
How to Cite
Wulansari, H., & Nur Biduri, F. (2022). METODE PENGAJARAN AUDIOVISUAL (视听法) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN. Bambuti, 3(2), 63-82. https://doi.org/10.53744/bambuti.v3i2.19